Kerjasama Dalam Kelompok
(Team Work)
Kerjasama (Team Work) adalah keinginan untuk bekerja sama dengan
orang lain secara kooperatif dan menjadi bagian dari kelompok. Bukan bekerja
secara terpisah atau saling berkompetisi. Kompetensi kerjasama menekankan peran
sebagai anggota kelompok, bukan sebagai pemimpin. Kelompok disini dalam arti
yang luas, yaitu sekelompok individu yangmenyelesaikan suatu tugas atau proses.
Pengertian Kelompok :
Sebagai makhluk sosial, manusia cenderung hidup dengan cara
berkelompok. Berbagai kelompok manusia bisa ditemukan di atas permukaan bumi
ini. Dasar pandangan dalam membentuk kelompok itu sendiri bisa berdasarkan dari
berbagai macam hal. Mulai dari kelompok orang yang mempunyai hobi yang sama, aktivitas
yang sama, sampai kelompok orang yang berasal dari suatu daerah yang sama.
Kelompok adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dan mereka
saling bergantung (interdependent) dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tujuan
bersama, meyebabkan satu sama lain saling mempengaruhi (Cartwright&Zander,
1968; Lewin, 1948).
·
Kerjasama
dan Manfaatnya
Kerjasama dapat menambah produktivitas dan meningkatkan moral
pengurus. Kerjasama dalam kelompok ini akan membuahkan hasil yang lebih baik.
Apalagi jika dilengkapi dengan sikap yang lebih baik terhadap tugasnya tanpa
pamrih.
Kerjasama akan dapat menambah tanggung-jawab pengurus dalam
melakukan tugas dengan baik, dan menambah kepuasan jika berhasil menyelesaikan
tugas masing-masing. Kerjasama menjadi efektif jika :
Pengurus
perlu memahami segala ketentuan dan mekanisme kerja yang ditetapkan.
Setiap pengurus diharapkan ikut memecahkan masalah
Pengurus perlu menyadari kemungkinan saran yang diajukan
oleh Bidang lain untuk Bidang mereka.
Mengenali
masalah dari Bidang lain, sehingga dapat membantu memberikan sumbangan bagi
Bidang tersebut.
·
Keuntungan
yang dapat diperoleh dari bekerjasama
-
Beberapa keuntungan yang dapat dipetik dari kerjasama antara lain
:
• memperingan tugas yang harus dipikul oleh masing-masing pihak;
•
menghemat tenaga, pikiran dan dana yang biasanya sangat terbatas dalam setiap kegiatan;
• dengan dana, tenaga, pikiran yang tersedia, dapat menghasilkan
lebih banyak;
• lebih
memberi kemungkinan pada seluruh pihak untuk mengembangkan kemampuan dalam
rangka menuju terbangunnya kemanusiaannya.
-
Beberapa hal yang dapat mengganggu kerjasama
• Ada
pihak yang selalu bersikap menyerahkan pekerjaan kepada orang lain dan tidak
bersedia bertanggung-jawab
• Ada
pihak yang bersedia menampung semua pekerjaan meskipun jelas tidak mampu
mengerjakannya.
• Tidak
bersedia memberikan sebagian dari kemampuannya untuk membantu pihak lain. Dalam
pengertian, ini termasuk tidak bersedia menyerahkan sebagian dari wewenangnya
kepada pihak lain.
• Lekas
puas dengan hasil pekerjaannya sendiri, sehingga tidak memperlihatkan dan tidak
menaruh perhatian pada pihak yang masih bekerja.
• Hanya
bersedia memberikan sesuatu yang dirasa tidak lagi diperlukan dirinya, sehingga
memberi tidak sesuai dengan kebutuhan yang dirasakan oleh pihak lain.
·
Kesimpulan
Teamwork atau kerja sama adalah salah satu bentuk penyelesaian
beberapa orang yang ingin mencapai tujuan bersama. Teamwork sendiri terbentuk
karena adanya beberapa pihak yang ingin mencapai tujuan yang sama sehingga
mereka melebur menjadi satu untuk menggapai tujuan tersebut atau dengan kata
lain teamwork merupakan peleburan berbagai pribadi yang menjadi satu pribadi
untuk mencapai tujuan bersama.
Teamwork sendiri dapat terlaksana dalam berbagai tingkatan, dari
mulai tingkatan paling kecil (kelompok belajar) sampai dengan tingkatan paling
besar (skala teamwork dalam perusahaan, dsb). Teamwork sendiri diambil karena
merupakan cara yang paling efektif dalam menyelesaikan sebuah situasi demi
tercapainya tujuan karena dengan Teamwork, setiap individu yang terlibat
didalamnya akan berusaha saling menopang satu sama lainnya agar tujuan mereka
dapat di raih.
Prinsip kerja Teamwork yang sangat menonjol dibanding dengan yang
lain adalah Prinsip saling melengkapi atau adanya pemikiran “saya mengerjakan
apa yang anda tidak bisa, dan anda mengerjakan apa yang tidak saya bisa” dengan
kata lain dalam sistem ini akan ada pembagian tugas yang tidak memberatkan
pihak manapun, setiap individu akan memikul tanggung jawabnya sendiri dan
tanggung jawab tersebut akan menjadi seperti pondasi-pondasi yang akan
membangun sebuah rumah (tujuan) jika semua tanggung jawab dapat terpenuhi.
Permasalahan yang paling nyata terjadi dalam Teamwork adalah sifat
Egoisme. Dimana salah satu individu merasa bahwa tanggung jawab yang di
dapatnya terlalu berat di bandingkan dengan tanggung jawab orang lain, sehingga
individu tersebut hanya berfokus pada mempermasalahkan tanggung jawab orang
lain sementara tanggung jawabnya terbengkalai.
Teamwork akan memudahkan sekelompok individu untuk mencapai tujuan
jika setiap individu yang terlibat dapat saling melengkapi, tetapi Teamwork
tidak akan berguna jika salah satu bagian dalam team tersebut muncul sifat
egoisme.
Nama : Eneng Fanny Aprilia
Kelas : 2KA13
NPM : 12113908
Tidak ada komentar :
Posting Komentar